Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Luwu, Andi Mudzakkir memaparkan selayang pandang Kabupaten Luwu di hadapan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Pusat.

Luwu Optimis Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa

Luwu,SulSel—Kabupaten Luwu optimis meraih penghargaan Swasti Saba 2013. Penghargaan ini dikhususkan pada kategori kabupaten sehat. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional dengan Tim Kabupaten Sehat Kabupaten Luwu yang dihadiri Bupati Luwu, H A Mudzakkar di Rumah Makan Lesehan Wija To Luwu, Kamis (4/7) malam.Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Luwu, Andi Mudzakkir mengatakan, tahun 2013 ini sebanyak 7 kecamatan di Luwu menjadi fokus perhatian sebagai kawasan pemukiman sehat. “Olehnya itu dengan kerja kita terhadap tujuh kecamatan ini, insyaallah kami optimis Luwu akan meraih penghargaan Swasti Saba 2013,” terang Mudzakkir.

Dijelaskan mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ini, untuk kabupaten/kota sehat diberi penghargaan Swasti Saba yang diklasifikasikan menjadi 3 kategori yakni penghargaan Padapa jika mengikuti penilaian minimal 2 tatanan. Penghargaan Wiwerda jika mengikuti penilaian 3 – 4 tatanan dan penghargaan Wistara jika mengikuti lebih dari 5 tatanan. “Khusus Luwu kita hanya fokus pada dua tatanan, yakni tatanan tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat dan Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri,” jelasnya.

Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Tingkat Nasional, Misriati SKM, mengatakan, dalam penilaian kali ini pihak Pemda Luwu selama dua hari telah menemani tim verifikasi mengunjungi sejumlah sarana dan prasarana kesehatan. Termasuk beberapa daerah pemukiman penduduk. “Hasil kunjungan itu, untuk sementara ini masih kami rahasiakan. Yang jelas apa yang ada sekarang ini, pihak pemerintah daerah mampu mempertahankannya dan optimis jika tahun ini mampu meraih penghargaan sebagai kabupaten sehat 2013,” kata Misriati. (@)

1 Komentar

  1. abdul gani says:

    syukurlah kalau kab luwu mendapatkan penghargaan ini, tapi sy pribadi kecawa krn Kab luwu belum pernah meraih adipura yang lebih bergengsi, hanya krn persolan TPA yang belum ada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *