Menhub

Menhub Suntik Bandara Bua Rp20 Miliar

Menhub

Menhub Budi Karya Sumadi saat menemui awak media di Bandara Ilagaligo, Bua. 

Luwu–Tak dipungkiri Bandara Ilagaligo,  Bua Kabupaten Luwu, mencapai kemajuan pesat di era Bupati Luwu,  Andi Mudzakkar.

Setelah berhasil membuka rute penerbangan bagi pesawat Wings Air dan Garuda, di masa akhir pemerintahannya,  Andi Mudzakkar kembali membuat kejutan. Tahun 2019, Bandara Bua mendapat suntikan dana 20 miliar untuk pengembangannya.

Hal itu terungkap pada kunjungan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi Mengu di Bandara Bua, Luwu, Rabu (12/9/) kemarin .

Di Bandara Bua, Menhub Budi Karya Sumadi disambut Bupati Luwu Andi Mudzakkar, Kepala Bandara Bua Syarif, Kepala Bappeda Luwu Muhammad Rudi dan Kepala Dinas Perhubungan Luwu Muhammad Aras.

Saat tiba di Bandara Bua usai kunjungan kerjanya di Bandara Bulukunyi, Toraja, Menhub Budi Karya dijamu makanan khas daerah Luwu jenis Kapurung oleh Andi Mudzakkar.

Usai makan siang, Menhub menggelar jumpa pers dengan kalangan jurnalis di kawasan terminal kedatangan Bandara Bua, Luwu.

Di depan wartawan, Budi Karya menuturkan, pihaknya terus memantau perkembangan Bandara Bua.

Budi menyebut, Kementrian Perhubungan merencanakan kucuran anggaran tahun 2019 sebesar Rp20 Miliar untuk pengembangan Bandara Bua.

“ Rp20 miliar tahun anggaran 2019 untuk Bandara Bua,” kata Budi.

Dikatakannya, Kemenhub akan menargetkan pembangunan runway  Bandara Bua sekitar 2.250 meter. Jika runway sudah mencapai
2.250 meter, target kita pesawat Boeing 737 sudah bisa mendarat di Bandara Bua.

“Jika jenis pesawat 737 sudah masuk, target kita pertahun 2 juta penumpang tercapai. Dan kita targetkan dua atau tiga tahun kedepan target itu bisa di capai,” pungkasnya.

Dia menambahkan kedatangannya ke Bandara Bua untuk meninjau langsung kondisi Bandara ini. Sebab kata Budi Karya direncanakan, Presiden RI Joko Widodo dalam waktu dekat akan meresmikan Bandara Bua.

“Bisa jadi bulan ini. Bisa pula bulan depan Pak Jokowi datang meresmikan Bandara Bua ini,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Luwu Andi Mudzakkar menuturkan saat ini landasan pacu Bandara Bua sepanjang 1.600 meter.

Pihaknya bahkan terus mendorong penambahan jam terbang ke Bandara Bua oleh berbagai maskapai penerbangan.

Menurut bupati yang akrab di sapa Cakka ini, Bandara Bua saat ini telah masuk penerbangan dari Wings Air dan maskapai Garuda.

“Saat ini Bandara Bua telah di darati
maskapai penerbangan Wings Air dan Garuda, saya berharap Presiden Jokowi bisa meresmikan Bandara Bua bulan ini,” tandas Cakka. (@)

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *