IMG-20180125-WA0026

2018 Cakka Siapkan 18 Miliar Bangun Irigasi

Harmonis. Bupati Luwu,  Andi Mudzakkar dan Wakil Bupati Luwu,  Amru Saher jalan berdampingan menuju kantin kantor.

Bupati Luwu, Andi Mudzakkar dan Wakil Bupati Luwu, Amru Saher jalan berdampingan menuju kantin kantor.

Luwu—Tersisa setahun lebih saja Bupati Luwu, Andi Mudzakkar meletakan jabatannya. Namun perhatian putra bungsu Kahar Mudzakkar itu terhadap pembangunan sektor pertanian belumlah surut.

Tahun 2018 ini, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018, Andi Mudzakkar telah menyediakan anggaran sebesar Rp18 miliar lebih untuk program pembangunan irigasi dan bendung di Kabupaten Luwu.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum Perumamahan Rakyat (PUPR), Hendra, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/2).

Hendra mengatakan, perhatian pemerintah daerah terhadap sektor pertanian sudah boleh dikatakan sangat luar biasa. “Sudah luar biasa itu perhatiannya pak bupati. Tahun ini saja disiapkan dana 18 miliar untuk irigasi dan bendung. Anggaran ini terbagi dua yakni berasal Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp10,829 miliar dan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp8 miliar,” ujar Hendra.

Dijelaskan Hendra, DAK sebesar Rp10,829 miliar itu fokus pada pembangunan irigasi khususnya bendung. “Tahun ini ada sejumlah bendung yang kita kerja di antaranya bendung di Desa Tanarigella dan Bendung Paraboting di Desa Pongko,” sebut Hendra.

Sementara untuk anggaran sebesar Rp8 miliar dari DAU ditambahkan Hendra, diperuntukan untuk program normalisasi sungai dan penguatan tebing. “Ada sekitar 66 kegiatan fisik normalisasi sungai dan penguatan tebing yang tersebar di 22 kecamatan,” urainya. (@)

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *