Bupati Luwu,  Andi Mudzakkar berbincang dengan Supartani, salah seorang tenaga pengajar di PIP, Makassar.

Gratis, Cakka Sekolahkan 92 Pelaut

Bupati Luwu,  Andi Mudzakkar berbincang dengan Supartani, salah seorang tenaga pengajar di PIP, Makassar.

Bupati Luwu, Andi Mudzakkar berbincang dengan Supartani, salah seorang tenaga pengajar di PIP, Makassar.

Luwu–Bupati Luwu, Andi Mudzakkar hari ini, Senin (29/1) resmi melepas 92 orang putera Luwu, yang akan mengikuti diklat pelaut di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) di Makassar. Mereka akan disekolahkan secara gratis oleh Pemda Luwu, dengan menempuh pendidikan selama 15 hari.

Menurut Mudzakkar, apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Luwu ini, adalah bentuk keikutsertaan dan apresiasi pada tenaga pelaut sebagai penyumbang devisa terbesar bagi negara.

“Devisa yang dihasilkan pelaut Indonesia yang bekerja di kapal-kapal asing di seluruh dunia mencapai Rp16 triliun per tahun. Jumlah itu dengan asumsi saat ini ada 90.000 pelaut Indonesia termasuk asal Luwu, yang bekerja di kapal asing. Mereka yang melaut ini, secara rutin mengirimkan uang kepada keluarganya setiap bulan,” kata Cakka, sapaan Mudzakkar.

Olehnya itu dikatakan Cakka, dengan adanya diklat ini menjadi salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah akan keberadaan peran pelaut khususnya di Luwu.

Program yang diberi nama PBM ini, peserta akan mendapatkan sertifikat keahlia pelaut yakni Basic Safety Training, Advance Fire Fighting, Security Awarness Training.

“Sertifikat itu adalah standar yg dibutuhkan oleh pelaut yg akan bekerja di atas kapal. Kepada para peserta, saya berpesan kiranya diklat ini benar-benar diikuti secara baik. Timba ilmunya. Jangan sia-siakan,” imbau Cakka. (@)

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *