Suharkimin Sumar

Luwu Aman Wabah Difteri

Suharkimin Sumar

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, Suharkimin Sumar, menjamin wilayah Kabupaten Luwu aman dari wabah Difteri. 

Luwu–Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu mengklaim saat ini di daerah tersebut tidak ditemukan wabah penyakit Difteri, dan tidak ada laporan mengenai penyakit tersebut.
Kepala Dinas Kesehatan Luwu, dr Suharkimin Sumar, mengatakan meski belum ada temuan kasus Difteri namun pihaknya sudah mengantisipasi.“Penyakit difteri telah menyebabkan sejumlah penderita meninggal dunia di beberapa daerah di Indonesia bahkan DKI menyebutkan kejadian sebagai KLB. Antisipasi telah kita lakukan di Kabupaten Luwu dan Alhamdulillah, sejauh ini kita bebas,” ujarnya Minggu (17/12).

Menurutnya Difteri termasuk penyakit akut yang menyerang saluran pernapasan. Difteri menyerang tubuh manusia pada bagian hidung dan tenggorokan serta dapat mengancam kesehatan kulit.

“Jenis penyakit ini merupakan penyakit yang dapat menular dan dapat mengancam keselamatan jiwa jika tidak ditangani dengan serius karena termasuk infeksi serius,” ujarnya.

Lebih jauh disampaikan bahwa Difteri bisa menyerang manuska segala umur baik anak-anak maupun dewasa. Bahkan penularan Difteri bisa melalui percikan ludah saja, apalagi makanan dan minuman bekas pengidam penyakit ini.

Dia menambahkan, sosialisasi tentang Difteri sudah lama dilakukan secara rutin di Luwu, hanya saja tidak semasif saat ini, yakni setelah munculnya kasus Difteri secara meluas dan luar biasa.

“Antisipasinya pada intinya adalah melakukan pola hidup sehat, makan makanan bergizi, istirahat dan cukup serta rutin berolahraha secara teratur,” pungkasnya.

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *