Bupati Luwu

Pembaretan, Cakka Rendam Peserta Bela Negara

Bupati Luwu

Bupati Luwu, Andi Mudzakkar memberi arahan pada peserta bela negara. 

Luwu–Setelah berlangsung selama lima hari, terhitung sejak 11 Desember 2017, pendidikan bela negara yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) secara resmi ditutup hari ini, Jumat (15/12).

Penutupan bela negara yang didominasi aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu ini, ditutup Bupati Luwu, Andi Mudzakkar ditandai dengan kegiatan pembaretan.

Menariknya, sebelum pembaretan, Bupati Andi Mudzakkar merendam dan ikut turun ke kolam bersama peserta bela negara.

“Rasanya tidak adil kalau hanya peserta yang turun ke kolam. Jadi saya minta semua pelatih, termasuk saya harus turun juga ke kolam, ” perintah Cakka.

Sebelum pembaretan, Cakka sapaan Mudzakkar mengatakan, bela negara merupakan kewajiban mutlak bagi semua warga negara Indonesia. Pendidikan ini adalah salah satu upaya menumbuhkan semangat patriotisme, cinta tanah air dan memupuk rasa nasionalisme.

“Jangan pandang enteng ini bela negara. Di negara lain, bela negara menjadi program wajib. Sama seperti Indonesia sekarang ini. Bagi ASN, boleh jadi nanti bela negara ini menjadi syarat dalam administrasi kenaikan pangkat dan jabatan. Jadi bersyukurulah kita yang sudah melalui kegiatan bela negara ini, ” tegas Cakka.

Materi pelatihan bela negara yang diikuti sebanyak 75 peserta, terdiri dari 60 persen materi outdoor dan 40 persen materi indoor dengan melibatkan unsur TNI dan Polri. (@)

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *