Bupati Luwu,  Andi Mudzakkar saat tampil diacara dialog budaya.

Cakka Usul Sejarah Budaya Luwu Masuk Kurikulum Sekolah

Bupati Luwu,  Andi Mudzakkar saat tampil diacara dialog budaya.

Bupati Luwu, Andi Mudzakkar saat tampil diacara dialog budaya Wija To Luwu. 

Luwu,  SulSel–Budaya Luwu harus dan wajib masuk dalam kurikulum pendidikan di sekolah-sekolah se Luwu Raya.

Hal itu diungkapkan Bupati Luwu,  Andi Mudzakkar saat tampil di acara dialog kebudayaan  yang digelar Ikatan Pelajar Mahasiswa Luwu (IPMIL), Minggu (29/10) di Makassar.

Dalam dialog yang mengusung tema Reaktualisasi Nilai-nilai Budaya Luwu di Tengah Arus Globalisasi, Cakka sapaan Andi Mudzakkar menegaskan pentingnya pengajaran sejarah budaya Luwu dalam lingkup pendidikan.

“Tujuannya supaya generasi-generasi sekarang ini, dapat mengetahui dan memahami sejarah daerahnya, serta khususnya memahami tentang sejarah berdirinya Kerajaan Luwu. Bidang studi Sejarah Luwu, bisa diajarkan ke siswa melalui pendidikan ekstrakurikuler,” kata Cakka.
Menurut Cakka,  saat ini pemahaman akan sejarah daerah sendiri sudah mulai menyusut.  Generasi bahkan buta akan sejarahnya sendiri. “Ini realita. Kita tak lagi peduli pada sejarah wilayah kita sendiri. Inilah perlunya pendidikan sejarah Tana Luwu di masukkan ke dalam kurikukum sekolah,” tegas Cakka.

Sementara itu, Sri Paduka Datu Luwu, H Andi Maradang Macklulau Opu To Bau SH, menjelaskan, adat istiadat bagi orang Luwu merupakan sikap dan tingkah laku baik, karena adat istiadat tidak lahir dari perilaku yang tidak baik. (@).

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *